Seputarpendidikan003.blogspot.com

10/27/2016

Fungsi Nukleus pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Fungsi Nukleus pada Sel Hewan dan Sel Tumbuhan - Meskipun sel merupakan komponen pada mahluk hidup yang memiliki ukuran terkecil, tapi keberadaan sel yang kasat mata ini merupakan salah satu pondasi dasar yang wajib ada dan penting sekali bagi mahluk hidup. Bisa dibilang sel itu merupakan susunan layaknya puzzle dalam jumlah besar dan membentuk, menghidupkan dan menggerakan beragam spesies mahluk hidup termasuk manusia. Tanpa adanya sel simpel saja, mahluk hidup takkan ada. Bahkan spesies pertama yang hadir pada awal kehidupan di dunia merupakan spesies dengan unsur sel sederhana yang kemudian mengalami peningkatan jumlah sel dan terjadilah revolusi pada berbagai jenis mahluk hidup.

Semakin banyak jumlah sel yang terkandung maka derajat dari mahluk hidup tersebut akan semakin tinggi, contohnya seperti manusia ini. Sel juga memiliki sifat seperti mahluk hidup pada umumnya, seperti dapat berkembangbiak, mengumpulkan unsur hara/gizi dan lain-lain. Sel pun memiliki komponen yang terstruktur dan memiliki fungsi penting demi kelangsungan mahluk hidup tersebut. Salah satu komponen sel yang penting adalah pada bagian nukleus atau inti sel yang merupakan unsur sel terdalam dan terlindungi. Baca: Retikulum endoplasma

Nukleus ini memiliki peran sebagai sumber yang membuat sel dapat berperan sesuai fungsinya, bila dibandingkan dengan fungsi tubuh nukleus itu seperti otak bagi manusia. Nukleus ini ada pada semua spesies mahluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Nah, pembahasan inilah yang akan dibahas pada artikel ini yaitu mengenai fungsi nukleus bagi hewan dan tumbuhan. Baca: Bagian bagian sel dan fungsinya

Bagian-Bagian dari Sel Terutama Fungsi Nukleus bagi Hewan dan Tumbuhan

Agar mendapatkan ilmu mengenai sel secara lebih luas, berikut akan dibahas pula mengenai apa saja bagian-bagian dari sel si “sumber kehidupan” ini.

· Membran Sel
Bagian ini merupakan lapisan sel terluar yang berfungsi untuk pemisah sel dalam dengan bagian lainnya yang memiliki sifat permeable dari membran sel ini. membran sel pun memiliki peran untuk menyeleksi mana kira-kira zat yang sesuai atau berguna bagi tubuh dan mana zat asing. Membran sel ini biasanya terdapat pada spesies tumbuhan dan hewan. Yang membedakan bila letak membran plasma/sel pada hewan berada di bagian terluar, sedangkan tumbuhan berada di tengah karena terlindungi oleh lapisan-lapisan khusus.

· Dinding sel
Lapisan terluar sebagai pelinfung dari membran sel/plasma pada tumbuhan. Dinding sel ini terbuat dari selulosa.

· Sentrosom
Bagian sel ini berada pada spesies hewan dan megandung diantara 1 hingga 2 sentrosom untuk membantu dalam mitosis.

· Kloroplas
sel tanaman ini memiliki warna hijau yang membantu dalam proses produksi makanan yang dibantu oleh cahaya matahari atau biasa anda kenal dengan sebutan fotosintesis.

· Kromoplas
Bagian sel tanaman yang memiliki variasi warna. Sel inilah yang memberikan efek warna pada bunga dan tumbuhan.

· Sitoplasma
proses terjadinya fungsi metabolisme dan berbagai aktivitas sel pada hewan terjadi disini.

Fungsi Nukleus pada Tumbuhan dan Hewan

· Nukleus memiliki peran dalam menyimpan seluruh informati yang berkaitan dengan genetik seperti proses pertumbuhan, reproduksi, metabolisme sel dan organisme secara keseluruhan.

· Nukleus merupakan pengontrol pertumbuhan sel

· Mengandung berbagai protein yang terlibat dalam kontrol transkripsi secara langsung maupun tidak langsung

· Inti sel sebagai pengatur proses metabolisme nutrisi

· Nukleus berperan besar dalam sekresi ribosom

· Nukleus merupakan salah satu komponen terpenting pada sel sebagai unsur pengerak utama. Baca: Bagian Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya