Seputarpendidikan003.blogspot.com

10/22/2016

Bagian Bagian Sel dan Fungsinya

Bagian bagian sel dan fungsinya - Mari sobat kita belajar. Kali ini kita akan mempelajari tentang sel. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sel adalah bagian atau bentuk terkecil dari organisme, yang terdiri dari satu atau lebih inti, protoplasma, dan zat-zat mati yang dikelilingi oleh selaput sel. Jadi sel merupakan unit paling kecil pada makhluk hidup. Sel dapat ditemui pada semua jenis makluk hidup tanpa terkecuali. Sel adalah organisasi kehidupan paling kecil dari makhluk hidup yang lengkap. Bahkan sebuah sel juga dapat hidup lalu berkembang biak, menghasilkan nutrisi yang kemudian dia dapat memiliki energi dan fungsi-fungsi selnya dapat aktif dipergunakan. Setelah mengetahui tentang pengertian sel, mari kita bersama-sama mencari tahu apa saja yang merupakan bagian bagian sel dan fungsinya.

Tiga Bagian Bagian Sel dan Fungsinya

Dikarenakan sel merupakan bagian terkecil makhluk hidup, maka sel itu pun memiliki bagian-bagian tersendiri yang dapat berfungsi untuk menunjang kehidupan sel secara umum. Apa sih bagian bagian sel dan fungsinya? Ayo kita mempelajari lebih lanjut! Bagian bagian sel dan fungsinya secara umum terbagi atas tiga komponen utama, yaitu inti sel atau nukleus, sitoplasma, serta membran sel (pada hewan) atau dinding sel (pada tumbuh-tumbuhan).

a. Nukleus (Inti sel)

Apa itu yang dimaksud dengan nukleus atau inti sel? Nukleus atau inti sel adalah organ terbesar dari sel. Nukleus dilindungi oleh membran nukleus. Lalu apa fungsi dari nukleus? Nukleus memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai pengatur sintesis protein, mengendalikan reproduksi sel, dan pengatur kehidupan sel. Baca: Bagian Sel Hewan Dan Fungsinya

b. Sitoplasma
Sitoplasma adalah bagian dari sel yang terletak di antara membran sel dan nukleus. Posisinya ada di bagian tengah antara kedua bagian sel yang lain. Sitoplasma sendiri terdiri dari dua bagian yaitu sitoplasma luar atau ektoplasma dan sitoplasma dalam atau endoplasma. Fungsi utama dari sitoplasma adalah sebagai alat transportasi yang mengangkut makanan. Sitoplasma merupakan bagian sangat penting dari sebuah sel. Selain sebagai alat transportasi yang membawa makanan, ternyata sitoplasma juga memiliki berbagai macam zat yang dapat larut seperti garam-garam mineral, karbohidrat, protein, serta lemak. Secara umum sitoplasma terdiri dari matriks (berbentuk sol atau gel), inklusio sitoplasma (berupa butiran minyak dan lemak), dan organel sitoplasma.

c. Membran sel atau dinding sel
Membran sel pada hewan merupakan bagian terluar dari sel. Membran sel digunakan sebagai pengatur pertukaran zat dan pelindung bagian sel lainnya. Membran sel memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya beberapa reaksi kimia, tempat bertukarnya zat atau molekul, sebagai reseptor dari rangsangan luar, berfungsi sebagai pencegah agar sel tidak pecah, memperkokoh sel, serta melindungi bagian-bagian sel yang ada di dalam dan pembatas pada bagian sel yang di luar. Sementara itu dinding sel pada tumbuhan memiliki fungsi menjadi tempat berpindahnya air dan mineral, mencegah agar sel tidak pecah, memperkokoh sel, serta melindungi bagian sel yang terletak lebih dalam agar aman dari pengaruh beberapa faktor luar yang dapat mempengaruhi kinerjanya.

Setelah kita mengetahui bagian bagian sel dan fungsinya tak ada salahnya kiranya kita mempelajari lebih lanjut tentang sel atau ilmu biologi lainnya agar pengetahuan dan pemahaman kita bertambah setiap saat. Oh iya, sobat tahu tidak cabang ilmu biologi apa yang mempelajari tentang berbagai tahap kehidupan sel? Jawabannya adalah biologi sel atau biasanya disebut tentang sitologi. Cukup asyik kan sobat saat kita mempelajari tentang sel. Jadi jangan pernah bosan untuk belajar ya! Baca: Gambar Sel Hewan Beserta Bagian Dan Fungsinya