Seputarpendidikan003.blogspot.com

8/31/2016

Yuk, Bunda Atasi Masalah Malas Makan Balita dengan Strategi Ini

Mengatasi masalah susah makan pada balita yang sering terjadi ini memang sulit, namun hal ini perlu dilakukan sebab jika dibiarkan anak akan kekurangan asupan makanan yang bergizi. Nah, bila hal ini terjadi tumbuh kembang anak akan mengalami keterlambatan, sebab asupan makanan yang dikonsumsinya tidak mencukupi. Tentunya Anda tidak mau kan, bila balita mengalami masalah tersebut. Mengantisipasi masalah ini agar tidak terjadi pada balita yakni dengan mengubah pola makannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah balita yang malas makan ini? Baca informasi selengkapnya dibawah ini.

Beberapa strategi mengatasi masalah malas makan pada balita

Beri kebebasan durasi makan anak

Mengatasi masalah susah makan pada balita adalah dengan memberikan kebebasan saat ia makan. Bila saat balita makan Anda memberikan waktu padanya, hal ini bisa membuat nafsu makannya akan menurun sebab ia tidak bisa menikmati makanan dengan santai. Mengapa? karena tertekan oleh waktu yang Anda berikan sehingga balita malas makan. Akibatnya asupan makanan yang dibutuhkan tubuhnya tidak terlengkapi dengan baik sebagai penunjang tumbuh kembangnya.

Membiarkan anak makan sendiri

Mengatasi masalah susah makan balita lainnya yang bisa dterapkan adalah memberi kesempatan makan sendiri. mengapa? karena saat balita makan sendiri itu nafsu makannya lebih meningkat jika dibandingkan saat disuapi oleh orangtua. Selain itu cara ini juga bisa mendidik balita menjadi mandiri dan bisa meningkatkan motorik kasarnya. Nah, agar masalah susah makan balita bisa teratasi dengan baik, maka berikan anak kesempatan untuk mengkonsumsi makanannya sendiri.

Jangan memaksa anak

Memaksakan kehendak pada anak bukan cara mengatasi masalah makan pada balita, justru hal tersebut bisa membuat balita semakin mogok makan sebab ia merasa tertekan. Bila hal ini Anda lakukan akan berpengaruh buruk baginya. Misalnya jika anak ingin makan dalam jumlah sedikit jangan paksa ia untuk konsumsi makanan yang lebih banyak lagi, namun bila ingin menambah porsi makannya berikan. Karena jika Anda memaksanya balita akan berubah jadi malas makan.

Mungkin hanya itu beberapa strategi mengatasi malas makan balita yang bisa kami bagikan ke Anda sebagai panduan menunjang mencukupi asupan gizi. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi semuanya. Wajib Baca! Tips Belajar Wajib Dihindari Anak