Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/17/2016

Fungsi Sistem Sirkulasi dan Peredaran Darah

Fungsi Sistem Sirkulasi dan Peredaran Darah - sistem sirkulasi darah merupakan sebuah sistem organ yang memiliki fungsi untuk memindahkan zat keseluruh tubuh. sistem sirkulasi juga dapat menjaga kesetabilan suhu tubuh serta pH tubuh. sistem sirkulasi pada tubuh manusia dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu sistem peredaran darah serta sistem limfatik. sistem peredaran darah pada manusia terdiri dari: jantung, pembuluh darah dan darah.

Fungsi sistem sirkulasi darah yaitu untuk membantu memenuhi semua kebutuhan tubuh dengan cara mentranspor zat-zat makanan yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi didistribusikan ke jaringan tubuh, membantu membuang produk-produk yang tidak dipakai oleh tubuh, membantu menghantarkan hormon dihasilkan tubuh ke bagian tubuh yang membutuhkan, dan membantu memelihara seluruh jaringan tubuh agar sel-sel dan organ-organ yang ada didalam tubuh tetap bisa bertahan hidup dan menjalankan fungsinya secara optimal.

Kecepatan darah yang mengalir melewati jaringan-jaringan yang ada didalam tubuh dikendalikan oleh sebuah respon kebutuhan jaringan-jaringan terhadap nutrisi dan zat-zat makanan lainnya. sirkulasi darah selanjutnya akan dikendalikan agar dapat memaksimalkan kinerja jantung dan kinerja pembuluh darah agar darah dapat mengalir ke jaringan-jaringan tubuh sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh jaringan-jaringan tersebut.

Sirkulasi pada tubuh manusia dibagi menjadi dua macam yaitu, yang pertama adalah sirkulasi sistemik dan yang kedua adalah sirkulasi paru. sirkulasi sistemik bertugas untuk menyuplai darah ke seluruh bagian tubuh kecuali baguan paru-paru. sirkulasi sistemik dapat juga disebut dengan sebutan sirkulasi besar atau disebut dengan sirkulasi perifer.

Fungsi sistem sirkulasi darah yaitu berfungsi untuk mentransport darah keseluruh jaringan-jaringan tubuh dengan tekanan yang sangat tinggi. pembuluh nadi memiliki banyak cabang misalnya: arteriol yang merupakan cabang terkecil dari pembuluh nadi dan merupakan cabang terakhir dari pembuluh nadi. Pembuluh arteriol berperan sebagai saluran kendali bagi darah yang akan di lepaskan kepada pembuluh kapiler. Fungsi pembuluh kapiler yaitu sebagai tempat atau saluran pertukaran cairan, elektrolit, zat makanan, hormon, serta bahan-bahan lainnya. Untuk dapat melakukan pertukaran ini, dinding dari pembuluh kapiler memiliki sifat yang sangat tipis, selai itu pembuluh kapiler memiliki pori-pori dalam jumlah banyak dalam ukuran yang kecil. setelah pertukaran terjadi, darah akan dialirkan ke pembuluh venula dan setelah itu akan dialirkan ke pembuluh vena. Pembuluh vena memiliki fungsi sebagai tempat bersalurnya darah yang berasal dari pembuluh venula untuk dikembalikan ke jantung.

Sistem peredaran darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi darah manusia yang berkaitan dengan transportasi pendistribusian nutrisi, sel-sel darah, gas serta hormon ke seluruh bagian tubuh yang memerlukan, sistem tersebut didukung oleh jaringan pembuluh darah. Sel darah merah akan membawa nutrisi sertamembawa oksigen ke jaringan-jaringan tubuh sementara sel-sel darah putih berfungsi sebagai pembersih bakteri dan virus maka sel darah putih akan mulai berfungsi apabila kita terkena flu, Komponen terpenting dari sistem sirkulasi darah adalah pembuluh nadi atau arteri dan pembuluh balik atau vena. Baca: Sistem Sirkulasi Darah pada Manusia