Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/01/2016

Dampak dan Cara Mengatasi Pengangguran

Dampak dan Cara Mengatasi Pengangguran - Pengangguran, merupakan hal yang seringkali kita dengar, banyak sekali pengangguran yang ada di sekitar kita yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan, pendidikan yang tinggi tidak daa menjamin seseorang langsung akan mendapatkan pekerjaan, apalagi pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Dampak dan cara mengatasi pengangguran tersebut bisa diupayakan dalam segi ekonomi serta segi lingkungan. Pengangguran dapam memberikan dampak kepada negara sehingga terkesan kurang baik.

Masalah pengangguran seringkali dikaitkan dengan pemerintahan yang kurang baik karena dituding tidak memperhatikan pengangguran, namun sebenarnya pengangguran sendiri terjadi karena banyak diantara kita yang lebih memilih bersantai-santai serta tidak mau berusaha, sehingga pengangguran yang terjadi disuatu negara bukan saja salah pemerintah tetapi juga kesalahan dari individunya sendiri. Adapun Dampak dan cara mengatasi pengangguran akan kami bahas pada artikel ini, berikut ulasannya. Pengangguran dapat berdampak pada segi perekonomian serta kehidupan sosial masyarakat disuatu negara. Penganggguran dapat menurunkan pertumbuhan perekonomian suatu negara dan dapat menurunkan tingkat kesejahteraan dari masyarakatnya. 

Berikut dampak yang ditimbulkan oleh pengangguran dalam segi perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat:

· Menurunkan aktivitas perekonomian suatu negara, karena semakin tingginya tingkat pengangguran didalam suatu negara akan menurunkan daya beli produksi dialam perekonomian, hal ini dikarenakan seseorang yang menggagur harus mengurangi persentase konsumsinya untuk menghemat biaya hidup yang ditanggungnya. Saat daya beli dari masyarakat menurun maka secara otomatis permintaan barang dan jasa juga akan menurun. Hal ini dapat mengakibatkan para pengusaha mengalami kerugian dan investor tidak lagi bergairah untuk melakukan perluasan dan pendirian cabang dari industri-industri baru sehingga dapat membuat aktivitas perekonomian suatu negara menjadi turun. Baca: Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

· Menurunkan pendapatan perkapita serta pertumbuhan ekonomi suatu negara, hal ini dikarenakan penganggur berarti tidak sedang melakukan apa-apa dan tidak dan menghasilkan suatu barang dan jasa. Jika penggaur yang ada disuatu negara tinggi makan produk yang dihasilkan akan menurun dan hal tersebut akan menyebabkan turunnya pertumbuhan ekonomi sekaligus pendapatan per kapita suatu negara.

· Meningkatkan biaya sosial, seperti yang kita tahu orang yang bekerja akan mendapatkan upah, namun upah tersebut akan dipotok pajak dan lain-lain. Pajak ini nanatinya akan digunakan untuk kebutuhan kemakmuran rakyat suatu negara. Jika pengangguran yang ada didalam sebuah negara sangat tinggi maka biaya sosial yang harus dikeluarkan oleh negara juga akan tinggi, jika hal tersebut tidak mencukupi nantinya akan berdampak pada meningkatnya tindak kriminalitas yang akan dilakukan oleh para penganggur demi memenuhi biaya sosialnya. Apalagi jika ada demonstrasi yang dilakukan oleh pengangur, hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaiki dan merenovasi beberapa tempat yang rusak akibat demonstrasi.

Cara Mengatasi Pengangguran

  • Menyelenggarakan kegiatan bursa pasar kerja
  • Menggalakkan kegiatan perekonomian informal seperti UMKM dan koperasi
  • Meningkatkan keterampilan dari tenaga kerja
  • Meningkatkan mutu pendidikan, kare semakin tingginya pendidikan seseorang akan semakin tingggi pula kesempatan yang dimilikiny auntuk mendapatkan pekerjaan
  • Mendirikan pusat pelatihan kerja
  • Mendorong investasi yang dapat dilakukan oleh para pengusaha baik pengusaha dari dalam negeri maupun pengusaha dari luar negeri untuk menciptakan kesempatan kerja di negara Indonesia.
  • Meningkatkan transmigrasi sehingga dapat mengoptimalkan sumber daya yang merupakan kekayaan yang telah disediakan oleh alam.
  • Melakukan deregulasi dan debirokrasisehingga dapat merangsang timbulnya investasi baru. 
  • Memperluas lapangan kerja