Seputarpendidikan003.blogspot.com

2/05/2016

Ciri - Ciri Paragraf

Ciri - Ciri Paragraf - Paragraf atau yang sering disebut dengan alinea merupakan sekumpulan kalimat-kalimat yang antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya saling berkaitan. Didalam sebuah paragraf penulis dapat menuliskan ide-idenya yang nantinya akan menghasilkan sebuah topik pembicaraan, maka dari itu paragaf seringali dikaitkan dengan karangan singkat. Didalam setiap satu paragraf atau alinea terdiri dari beberapa kalimat, kalimat-kalimat tersebut terdiri dari kalimat pengenal, kalimat topik atau yang lebih dikenal dengan kalimat utama, kalimat penjelas, dan terakhi adalah kalimat penutup. Kalimat tersebut dirangkai oleh penulis agar menjadi satu-kesatuan yang nantinya akan membentuk sebuah gagasan. Ide pokok dalam sebuah paragraf tergantung pada panjang pendeknya paragraf tersebut.

Paragraf dapat membantu kita membedakan awal dan akhir sebuah gagasan. Kita akan kesulitan memahami isi sebuah buku jika tidak dibantu dengan adanya paragraf, karena tanpa adanya paragraf kita akan kesulitan berkonsentrasi pada satu gagagsan, karena seolah dituntut untuk terus membaca hingga selesai, tanpa memberi kesempatan pada otak untuk mengolah dan mencerna informasi. Gagasan utama dalam sebuah paragraf dapat berupa kalimat tersurat maupun tersirat pada seluruh paragraf. Kalimat didalam paragraf yang berisi gagasan utama merupakan kalimat utama yang terdapat di awal ataupun akhir paragraf. Selain itu, paragraf merupakan sebuah bagian dari wacana yang pada umumnya terbentuk dari lebih satu paragraf. Paragraf yang baik adalah paragraf yang dapat menyampaikan isi dari pikiran penulis dengan baik artinya, pesan yang terkandung didalam paragraf yang ingin penulis sampaikan dapat ditangkap oleh pembaca dengan jelas. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh paragraf, yaitu: kepaduan, kesatuan dan kelengkapan. Baca: Contoh Paragraf Deduktif

Adapun ciri-ciri paragraf yaitu :

· Ciri-ciri paragraf yang pertama adalah pada kalimat pertama terdapat Peletakan kata sebanyak 5 spasi, ini berlaku untuk bagi jenis karangan yang biasa.

· Pikiran utama didalam paragraf dinyatakan dalam kalimat utama, atau yang lebih dikenal dengan kalipmat topik

· Setiap paragraf hanya dapat menggunakan satu kalimat topik utama, selain dari itu adalah kalimat pengembang yang fungsinya untuk menjelaskan atau atau menerangkan kaliamat topik utama yang ada dalam paragraf tersebut..

· Paragraf ditulis menggunakan pikiran penjelas yang diterapkan kedalam kalimat penjelas. Kalimat penjelas tersebut berisi tentang detail dari kalimat utama. Paragraf bukan sekumpulan kalimat topik, namun hanya berisikan satu kalimat topik dan dijelaskan lebih lanjut oleh beberapa kalimat penjelas. Setiap kata dari kalimat penjelas berisi mengenai detail yang lebih spesifik, tidak mengulang, namun mendukung yang dapat menjelaskan pikiran penjelas yang lainnya.


Contoh : Bekerja dengan tekun adalah kunci kesuksesan. Sebab orang yang giat akan bersungguh-sungguh dalam bekerja, sehingga dapat memiliki banyak pengalaman dan dapat mempunyai banyak ilmu yang bisa di pelajari didalam bekerja. Baca: belajar menulis artikel