Seputarpendidikan003.blogspot.com

11/15/2015

Proses Peredaran Darah Pada Manusia

Proses Peredaran Darah Pada Manusia - peredaran darah pada manusia merupakan proses yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dimana proses ini di butuhkan manusia utuk melakukan aktivitasnya. Melalui darah yang beredar, tubuh akan mendapatkna nutrisi dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh agar dapat bertahan hidup. Salah satu hal yang diperlukan manusia untuk bertahan hidup adalah oksigen. Oksigen yang diperoleh dari lingkungan atau dari luar tubuh manusia akan diedarkan ke seluruh tubuh untuk menggantikan darah yang telah mengandung karbondioksida. Peredaran dan pertukaran ini tak lepas dari peran darah. Darah merupakan salah satu media hidup seseorang. Saat darah tidak mengalir ke bagian-bagian tertentu seseorang bisa saja akan mati, misalkan apabila darah yang mengalir ke kepala tidak dapat mengalir hal tersebut dapat terjadi masalah fatal, atau kelainan lainnya. Darah juga berperan dalam membawa zat-zat makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh untuk dibawa ke ginjal dan dibuang melalui usus besar.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan proses peredaran darah pada manusia, berikut penjelasannya:

Oksigen dihirup oleh paru-paru dan akan diikat oleh darah mengalir melewati vena pulmonari, terus akan menuju jantung melewati serambi kiri dan katup trikuspid. Setelah itu jantung akan memompa dan darah akan berjalan melewati oarta. Setelah itu darah akan mengalir kedua arah, yaitu bagian atas tubuh yang melewati arteri sublavika untuk tangan dan arteri karotid untuk kepala dan leher. Bagian selanjutnya adalah bagian bawah tubuh manusia, darah oksigen akan mengalir melewati arteri hepar untuk darah yang akan di distribusikan ke hati, arteri mesenteri untuk darah yang akan di distribusikan ke perut dan usus, arteri renal untuk darah yang akan di distribusikan ke ginjal dan arteri femur untuk darah yang akan di distribusikan ke kaki. Setelah semua darah telah didistribusikan ke tempat masing-masing, darah yang mengandung oksigen akan mengalami pertukaran dengan darah yang mengandung karbondioksida. Baca: Alat - Alat Peredaran Darah pada Manusia

Setelah pertukaran, darah pada bagian kaki akan dibawa oleh vena femur, bagian ginjal akan dibawa oleh vena renal. Untuk perut dan usus akan dialirkan terlebih dahulu ke hati melalui vena portal hepar, di hati darah yang mengandung karbondioksida akan mengalir ke vena hepar. Untuk bagian atas tubuh akan mengalir melewati vena jagulum pada bagian kepala dan leher. Serta vena subklavika pada bagian tangan. Setelah itu, darah yang mengandung karbondioksida bagian atas dan bawah tubuh akan bertemu di vena cava bagian kanan, dan akan dialirkan ke jantung melewati serambi kanan dan katup bikuspid ke arah bilik kanan. Setelah itu akan menuju arteri pulmonari dan dibawa ke paru-paru untuk di keluarkan zat karbondioksida.

Itulah proses peredaran darah pada manusia, semoga bermanfaat.