Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/05/2013

Tips Belajar Menyenangkan

Tidak sedikit dari para pengajar yang bertanya tentang cara agar belajar lebih menyenangkan. Sebagai seorang guru atau pengajar, sangatlah penting mengetahui cara agar pembelajaran di kelas jadi menyenangkan. Agar didapat semua kondisi tersebut maka guru sebagai pendidik harus mempunyai keikhlasan yang tinggi untuk mengajar.

Jika ikhlas sudah ada di hati maka akan terlihat kebahagiaan seorang guru. Pada saat guru senang maka akan terlihat wajah yang ramah dan penuh dengan senyuman. Pembelajaran yang menyenangkan akan dimulai dari wajah yang penuh dengan senyuman.

Para guru sering kurang memperhatikan hal kecil ini. Mereka terlalu menganggap bahwa media pembelajaranlah yang membuat belajar menyenangkan bisa terwujud, dan bukan disebabkan oleh senyuman atau kebahagiaan pengajar. Ketika seorang pengajar memiliki perasaan bahagia atau senang dan penuh antusias maka semua murid akan memperhatikan serta mendengarkan apa yang disampaikan. Jam pelajaran yang berlangsung selama beberapa jam tidak akan terasa karena semua siswa memperhatikan dan mendengarkan presentasinya dengan penuh rasa antusias yang tinggi.

Guru yang bahagia, penuh motivasi dan senyuman akan membuat belajar lebih menyenangkan. Seorang guru haruslah profesional tidak hanya memahami ilmu yang diajarkan, namun juga memperhatikan cara menyampaikan pelajaran tersebut. Guru harus menguasai materi yang akan disampaikan kepada muridnya. Tanpa menguasai materi maka jangan berharap bahwa pembelajaran menjadi menyenangkan.

Seorang guru juga harus mempu memotivasi dan mengembangkan potensi guru dalam mengajar sehingga bisa menghasilkan peserta didik yang cerdas dan mampu memberikan kontribusi di bidangnya masing-masing. Guru sekarang ini diharapkan dapat mengintropeksi dirinya sendiri untuk memperbaiki caranya mengajar yang kurang menyenangkan. Metode pengajaran yang diubah oleh para guru ke arah yang lebih interaktif sangat dibutuhkan.

Guru dituntut untuk menyampaikan materinya dengan menarik baik memakai alat peraga atau media pembelajaran dan akan lebih baik jika bisa mengembangkan multimedia pembelajaran. Dengan memakai metode belajar menyenangkan akan mampu menumbuhkan minat dan kecintaan murid karena materi disampaikan dengan suasana yang menyenangkan. Guru yang senang maka murid juga ikut senang.
Rating: 4.5