Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/03/2013

Prestasi Belajar Siswa

Setiap orang tua pasti menginginkan anak mereka berprestasi di sekolah. Kegagalan atau keberhasilan siswa dalam belajar bisa dilihat dari prestasi belajar siswa yang dicapai. Prestasi adalah hasil yang dicapai seseorang baik berupa kuantitas maupun kualitas karena telah melakukan kegiatan belajar. 

Seseorang yang sudah melakukan kegiatan belajar akan terlihat mengalami perubahan, baik dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, nilai, pemahaman serta sikap. Prestasi belajar siswa bisa dilihat dari keseluruhan penyelenggaraan pengajaran itu sendiri, bahkan terdapat sebuah hubungan timbal balik antara penilaian pengajaran. Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya faktor ketekunan, motivasi belajar, kesanggupan, dan kesiapan siswa dalam memahami pelajaran yang akan diberikan.

Membicarakan tentang prestasi belajar pasti tidak bisa lepas dari bahasan mengenai proses belajar mengajar itu sendiri. Proses belajar mengajar akan memperoleh suatu hasil yang umumnya disebut dengan hasil pengajaran atau hasil belajar. Untuk mendapat hasil yang optimal dari proses belajar mengajar maka harus dilakukan secara sadar dan terorganisir dengan baik.

Di dalam proses belajar mengajar, seorang guru berperan sebagai pengajar dan siswa adalah subjek belajar, dituntut untuk mempunyai profil dan kualifikasi tertentu yaitu kemampuan, pengetahuan, sikap dan tata nilai serta sifat pribadi. Proses belajar akan lebih baik apabila subyek yang belajar mengalami atau melakukannya jadi tidak mempunyai sifat verbalistik. Dengan belajar maka siswa bisa mewujudkan cita-cita yang diinginkan.

Belajar bisa menghasilkan suatu perubahan dalam diri seseorang. Penilaian bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana telah terjadi perubahan. Bagi seorang siswa yang mengikuti pendidikan maka akan selalu diadakan penilaian akan hasil belajar yang dilakukan. Penilaian akan hasil belajar seorang siswa bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mereka sudah mencapai sasaran belajar, dan inilah yang disebut dengan prestasi belajar siswa.

Prestasi belajar ini merupakan suatu indikator kualitas pengetahuan yang sudah dikuasai oleh murid. Prestasi belajar seorang siswa adalah hasil dari sistem pendidikan sehingga tingkat keberhasilanya ditentukan oleh elemen dalam sistem belajar itu sendiri. Sekolah merupakan salah satu sistem pendidikan formal yang membentuk siswa agar bisa meningkatkan prestasi belajar mereka.
Rating: 4.5