Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/30/2013

Pengertian Penelitian

Apa sih sebenarnya penelitian itu? lalu saja apa tahapan dari pelaksanaan penelitian? Mungkin pertanyaan itu kerap kali ditanyakan oleh mahasiswa ketika hendak menulis skripsi. Dan hal itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Berbicara mengenai penelitian, pada dasarnya pengertian dari penelitian itu adalah penerapan suatu pendekatan ilmiah untuk mengkaji sebuah masalah. Ini merupakan salah satu dari cara manusia untuk mendapatkan pengetahuan, dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Adapun cara lainnya yang lebih tradisional yaitu dengan melalui pengalaman (menjadi tahu setelah mengalaminya), otoritas (dikasih tahu oleh seseorang), cara berpikir yang deduktif (berpikir yang bertolak belakang dari penyataan yang sifatnya umum ke khusus), serta cara berpikir yang induktif (berpikir dari pengamatan yang sifatnya khusus kemudian menarik kesimpulan bersifat umum).

Sementara untuk pendekatan ilmiah merupakan proses berpikir yang di dalamnya menggabungkan beberapa aspek penting atas proses berpikir deduktif dan induktif. Suatu pendekatan ilmiah sendiri bagian dari proses penyelidikan sistematis yang terdiri dari bagian yang saling interdependensi (bergantung). Pada dasarnya suatu pendekatan ilmiah terdiri dari lima langkah yaitu :
  • Perumusan masalah
  • Pengajuan hipotesis
  • Penggunaan cara berpikir yang deduktif
  • Penggunaan cara berpikir yang induktif
  • Pengambilan kesimpulan
Di dalam pelaksanaannya, khususnya pada bidang pendidikan. Sebuah penelitian memiliki beberapa tahapan yaitu :
  • Tahapan memilih masalah 
Suatu penelitian diawali dengan pertanyaan yang berkaitan dengan persoalan yang dirasa cukup penting untuk dijadikan sebuah masalah penelitian. Selain itu masalah tersebut juga harus bisa dijawab dengan melalui penyelidikan ilmiah dan masalah tersebut harus belum ada jawabannya.
  • Tahapan analisis
Setelah mendefinisikan masalah, tahapan selanjutnya yaitu tahapan analisis. Di sini diperlukan adanya kajian mendalam mengenai hasil suatu penelitian yang sebelumnya. Tahapan tersebut berguna untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang masalah penelitian tersebut supaya bisa memberikan latar belakang yang jelas.
  • Tahapan pemilihan strategi serta memilih instrumen
Pada masalah yang telah dipilih, ada yang membutuhkan eksperimen dan ada juga yang mungkin bisa diatasi dengan menggunakan strategi penelitian deskriptif.
  • Tahapan pengumpulan dan penafsiran data
Untuk hipotesis yang dicapai dengan menggunakan deduksi memang perlu diuji terlebih dahulu. Sehingga dalam tahapan ini diperlukan pengumpulan data dan setelah dikumpulkan maka data selanjutnya dianalisis. Dan yang terakhir peneliti melakukan penafsiran dari hasil penelitian.
  • Tahapan melaporkan hasil suatu penelitian 
Jadi hasil dari penelitian tersebut harus dilaporkan kepada kalangan akademis supaya hasilnya benar-benar bisa dipertanggungjawabkan supaya bisa memberikan kontribusi berarti dari hasil penelitian tersebut.
Rating: 4.5