Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/10/2013

Pengertian Belajar Mengajar

Keberhasilan dan kegagalan seorang murid berasal dari pribadi murid tersebut. Usaha apapun harus dimulai dari sikap dan cara berpikir dalam menanggapi berbagai situasi yang akan ditemui dalam kehidupan. Tiap orang memiliki kelebihan serta kekurangan dan semua tinggal bagaimana bisa mengoptimalkan potensi kelebihan dan meminimalkan kekurangan yang dimiliki. Keseimbangan semua unsur di dalam diri adalah kunci sukses yang akan diraih.

Belajar merupakan proses perubahan perilaku karena pengalaman dan latihan. Arti lain dari belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang terjadi dalam interaksi aktif pada lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pengertian. Sedangkan pendapat yang lain menyatakan bahwa belajar adalah proses perbuatan yang dilakukan dengan cara sengaja yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan.

Pengertian belajar mengajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku yang keadaaannya tidak sama dari sebelum individu berada pada situasi belajar serta setelah melakukan tindakan yang serupa tersebut. Ada beberapa pengertian yang dipakai untuk menjelaskan pengertian belajar mengajar.

Pada definisi klasik menyatakan bahwa mengajar bisa diartikan sebagai penyampaian sejumlah ilmu karena pandangan yang seperti ini. Guru dianggap sebagai sumber pengetahuan dan siswa dianggap tidak mengerti apa-apa. Pengertian klasik ini sejalan dengan pandangan Brunner yang mempunyai pendapat bahwa mengajar adalah menyampaikan ide, masalah atau pengetahuan dalam bentuk sederhana sehingga bisa dipahami oleh murid.

Pengertian belajar mengajar dalam definisi modern menolak tentang pandangan klasik dan oleh sebab itu pandangan tersebut kini mulai diabaikan. Kini orang mulai beralih ke pandangan bahwa mengajar tidak sekedar menyampaikan ilmu, tapi berusaha membuat suatu situasi lingkungan yang memungkinkan murid untuk belajar. Sebuah konsep baru tentang mengajar menyatakan bahwa mengajar merupakan pembinaan bagi siswa bagaimana belajar dan bagaimana berfikir serta menyelidiki.

Dari hal tersebut dapat dipahami bahwa aktivitas yang sangat menonjol dalam pengajaran ada dalam diri murid. Tapi tidak berarti peran guru tersisihkan namun diubah. Guru dianggap sebagai sumber pengetahuan sehingga guru selalu aktif dan siswa selalu pasif didalam kegiatan belajar mengajar.
Rating: 4.5