Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/07/2013

Keterampilan Belajar

Belajar adalah salah satu faktor yang berperan penting untuk membentuk pribadi serta perilaku seseorang. Proses belajar memiliki unsur yang penting yang bisa berpengaruh pada hasil belajar. Pada suatu proses belajar pasti ada hambatan dan gangguan atau masalah yang dihadapi oleh murid. Masalah tersebut bisa diperkecil dengan berbagai cara atau metode, salah satunya dengan cara menguasai keterampilan belajar.

Keterampilan belajar ditujukan untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam hal belajar, untuk lebih memahami konsep belajar untuk belajar dan untuk menekankan implikasi praktis dari konsep tersebut pada aplikasi nyata dalam kegiatan sehari-hari. Definisi mengenai keterampilan belajar sering berdasarkan pada daftar keterampilan yang spesifik seperti melakukan organisasi, memproses dan memakai informasi yang didapat dari aktivitas membaca.

Mungkin definisi paling baik yang dipakai untuk menjelaskan keterampilan belajar yaitu suatu keterampilan yang bisa mengembangkan kemandirian seorang murid dalam belajar. Menurut seorang ahli bahwa keterampilan adalah kegiatan-kegiatan yang mempunyai sifat neuromuscular, yaitu menuntut kesadaaran tinggi. Jika dibandingkan dengan kebiasaan, keterampilan adalah kegiatan yang lebih memerlukan perhatian dan kemampuan intelektualitas, selalu berubah dan disadari oleh seseorang.

Secara khusus, keterampilan dalam belajar adalah suatu cara yang dipakai untuk mendapat, mempertahankan, dan mengungkapkan pengetahuan serta merupakan cara untuk menyelesaikan masalah. Untuk memperoleh keterampilan dalam belajar, murid akan menyadari bagaimana cara belajar yang paling baik sehingga menjadi lebih bertanggungjawab akan kegiatan belajarnya.

Tujuan penerapan keterampilan dalam belajar adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, menumbuhkan minat dan motivasi belajar, membentuk peserta didik yang mandiri dalam belajar, karakteristik siswa yang mempunyai keterampilan belajar.

Beberapa karakteristik siswa yang memiliki keterampilan belajar, antara lain mempunyai rasa percaya diri, tidak menyandarkan diri sendiri pada orang lain, punya kemampuan untuk merekonstruksi belajar yang sesuai dengan dirinya atau mengorganisasi belajar, mampu berinisiatif sendiri

- Bertanggung jawab (responsibility)

- Mampu berpikir logis dalam mengarahkan tujuan belajar

- Mempunyai kemampuan fleksibilitas dan adaptabilitas yang tinggi terhadap lingkungan

- Selalu mempunyai gagasan baru (kreatif)
Rating: 4.5