Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/09/2013

Kebiasaan Belajar

Kebiasaan belajar adalah salah satu faktor untuk menunjang tercapainya prestasi belajar murid. Untuk mencapai prestasi yang diharapkan, sebaiknya dalam kegiatan belajar, murid hendaknya mempunyai sikap dan cara belajar sistematis. Cara belajar yang baik merupakan suatu kecakapan yang dimiliki oleh setiap murid dengan jalan latihan dalam usaha belajarnya sehingga menjadi suatu kebiasaan yang melekat pada diri.

Cara belajar yang baik adalah dengan membaca menggunakan metode keseluruhan kepada bagian, membaca dengan metode keseluruhan kepada lawan bagian, membaca dengan metode campuran diantara keseluruhan dan bagian, membaca dengan metode resitasi, jangka waktu belajar, pembagian waktu belajar, membatasi kelupaan, menghafal, kecepaatan belajar dalam hubungannya dengan ingatan.

Jika memiliki kebiasaan belajar yang baik maka setiap usaha belajar akan memberikan hasil yang juga baik. Kebiasaan belajar yang baik haruslah ditanamkan dan dikembangkan ke setiap murid. Kebiasaan dalam belajar bukan sesuatu yang sudah ada, tapi sesuatu yang harus dibuat. Jika mempunyai kebiasaan belajar yang tidak sesuai atau kurang tepat maka akan mendapat hasil yang tidak optimal yang akan mepengaruhi prestasi belajar murid tersebut.

Kebiasaan dalam belajar yang tidak sesuai bisa mempersulit murid dalam memahami dan memperoleh ilmu pengetahuan sehingga memghambat kemajuan belajar siswa yang pada akhirnya akan gagal dalam prestasi. Di kegiatan sehari-hari ditemukan adanya kebiasaan yang kurang baik. Kebiasaan yang kurang baik tersebut adalah belajar pada akhir semester saja, waktu belajar tidak teratur, menyianyiakan kesempatan belajar, sekolah hanya untuk gengsi, datang terlambat, bergaya jantan seperti merokok dan lain sebagainya.

Kebiasaan seseorang dalam belajar secara teratur dimulai dari kebiasaan belajar mandiri di rumah dan kebiasaan belajar ketika di sekolah. Kebiasaan belajar secara mandiri di rumah merupakan hal yang sangat penting selain kebiasaan belajar di sekolah. Belajar di rumah diharapkan siswa bisa belajar secara teratur serta lebih fokus. Masalah dalam pengaturan waktu belajar menjadi persoalan bagi murid. Banyak yang mengeluh karena tidak bisa membagi waktu dengan baik. Penggunaan waktu yang teratur untuk belajar memberikan dampak yang bermakna kepada kualitas hasil belajar murid.
Rating: 4.5