Seputarpendidikan003.blogspot.com

7/15/2013

10 Kemampuan Guru

Sebagai public figure, ada sepuluh kemampuan guru yang harus dikuasai. Guru merupakan agen perubahan dalam pola pikir generasi bangsa dan mengemban tugas untuk meluruskan pola pikir irasional menuju cara berpikir rasional. Jika dilihat di masyarakat, tidak bisa dipungkiri bahwa guru dianggap sebagai orang yang serba bisa khususnya di pedesaan. Penguasaan sepuluh kemampuan guru akan sangat menunjang pembentukan karakter guru sebagai tenaga profesional sekaligus sebagai individu di dalam masyarakat. Berikut ini adalah sepuluh kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh guru.

1. Punya kemampuan untuk mengembangkan kepribadian.

Disini guru dituntut untuk bertakwa kepada Tuhan, turut berperan dalam masyarakat sebagai warga yang berjiwa Pancasila serta mengembangkan sifat-sifat terpuji yang menjadi syarat bagi guru.

2. Menguasai semua landasan pendidikan.

Landasan pendidikan yang harus dikuasai adalah dengan mengenal tujuan pendidikan untuk pencapaian tujuan pendidikan nasional, mengenal sekolah di dalam masyarakat serta mengenal prinsip-prinsip psikologi yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran.

3. Mampu untuk menguasai bahan pengajaran.

Seorang guru diharapkan mempunyai kemampuan untuk menguasai bahan pengajaran kurikulum dan menguasai bahan pengayaan.

4. Mampu untuk menyusun program pengajaran.

Kemampuan ini adalah untuk menetapkan tujuan pengajaran, memilih dan menetapkan bahan pengajaran, memilih dan mengembangkan strategi pengajaran, memilih dan memanfaatkan sumber belajar yang tersedia dan memilih serta mengembangkan media pengajaran yang sesuai.

5. Melaksanakan semua program pengajaran.

Dalam hal ini guru diharuskan menciptakan iklim belajar mengajar yang sehat, mengelola interaksi belajar mengajar dan mengatur ruang belajar.

6. Menilai hasil serta proses belajar mengajar yang sudak dilaksanakan.

Guru harus bisa menilai prestasi murid dan menilai proses belajar mengajar yang telah dijalankan.

7. Program bimbingan belajar.

Guru harus bisa membimbing murid yang mengalami kesulitan belajar, siswa yang berkelainan dan berbakat khusus serta bisa membimbing murid untuk menghargai pekerjaan di masyarakat.

8. Melaksanakan administrasi instansi.

Guru harus mengenal pengadministrasian kegiatan sekolah sekaligus melaksanan kegiatan tersebut.

9. Berinteraksi dengan sejawat serta msyarakat.

Guru harus bisa berinteraksi dengan rekan sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesional dan berinteraksi dengan masyarakat untuk memenuhi misi pendidikan.

10. Melakukan penelitian yang sederhana.

Kemampuan guru ini adalah untuk mengkaji konsep dasar penelitian ilmuwan dan melakukan penelitian sederhana.
Rating: 4.5