Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/25/2013

Pendidikan Sistem Ganda

Sejak tahun 1950-an Negara Mesir dan Jerman sudah mengembangkan Pendidikan Sistem Ganda atau yang biasa di singkat dengan PSG. Negara Jerman mengambil sistem ini untuk mengatasi perubahan di dalam masyarakat dan memenuhi permintaan dari masyarakat. Pendidikan Sistem Ganda atau PSG adalah perpaduan dari pelatihan kejuruan paruh waktu yang dikombinasikan dengan belajar paruh waktu. Menurut Wena, beliau mengatakan bahwa pemanfaatan dua lingkungan belajar terdapat di sekolah dan di luar sekolah dalam kegiatan proses pendidikan itulah yang disebut dengan program PSG.

Ada pun tujuan dari pendidikan sistem ganda atau PSG ialah :

1. Menghasilkan lulusan-lulusan yang berkompeten dan memiliki tingkat keprofesionalan yang tinggi, etos kerja, ketrampilan dan pengetahuan yang tinggi.

2. Memperkokoh keterkaitan antara lembaga pendidikan dengan pelatihan kejuruan dengan dunia kerja.

3. Memanfaatkan berbagai sumber daya pelatihan yang ada di dunia kerja.

4. Memberikan suatu pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja yang merupakan bagian dari proses pendidikan.

Sistem Ganda ini adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari pendidikan keahlian dalam profesional, yang menyatukan secara sistematik dan sinkron terhadap program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan keahlian yang di peroleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja, semua itu terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu. Dengan tolak ukur dari tujuan Pendidikan Sistem Ganda yang ingin dicapai yaitu keahlian professional, dan keahlian profesional tersebut hanya dapat di bentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, ilmu teknik dan kiat-kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik ini dapat di pelajari dan di kuasai kapan pun dan dimana pun kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan namun dapat di kuasai melalui proses dengan mengerjakan secara langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri.

Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dalam dunia industri karena sebelumnya kita tidak mengetahui mengenai situasi dan kondisi lingkungan kerja tersebut. Selain itu, pihak perusahaan juga tidak dapat membedakan mana tenaga yang profesional dan tenaga yang tidak profesional. Maka dari itu Pendidikan Sistem Ganda ini dapat menguntungkan semua pihak.
Rating: 4.5