Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/30/2013

Keterampilan Dasar Mengajar

Keterampilan dasar mengajar adalah suatu kemampuan atau pun keterampilan khusus yang wajib dimiliki oleh seorang pendidik, seperti guru dan dosen serta instruktur atau pun widyaiswara. Hal tersebut bertujuan agar pendidik mampu melaksanakan tugasnya dengan cara yang efektif, efisien serta profesional ketika memberikan materi pelajaran kepada anak didik (aktivitas mengajar). Jadi, keterampilan dasar dalam mengajar yang berkenaan dengan beberapa kemampuan atau keterampilan yang sifatnya mendasar dan melekat harus dimiliki atau diaktualisasikan oleh setiap pendidik dalam melakasanakan tugasnya.

Berikut adalah jenis-jenis keterampilan pendidik :
1. Keterampilan bertanya
Keterampilan bertanya adalah bagian yang tidak dapat di pisahkan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dari proses dan hasil dalam kegiatan pembelajaran, keterampilan ini pun sekaligus bagian dari suatu keberhasilan dalam pengelolaan instruksional atau pun dalam pengelolaan kelas. Dengan adanya keterampilan bertanya guru dapat mendeteksi dan menemukan hambatan pada proses berpikir di kalangan para siswa dan juga sekaligus dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari proses belajar di kalangan para siswa.

2. Keterampilan dalam penyajian suatu penjelasan
Keterampilan ini menuntut para pendidik ini untuk menggunakan bahasa yang mudah di mengerti dan hendaknya memberikan contoh atau ilustrasi, agar para siswa jelas menangkap dari maksud yang di sampaikan oleh para pendidik tersebut.

3. Keterampilan dalam pemberian tekanan
Maksud dari keterampilan ini adalah para pendidik harus memberikan pengarahan kepada para siswa untuk terpusat kepada masalah pokok dan mengurangi untuk memberikan informasi-informasi yang kurang penting.

4. Keterampilan dalam penggunaan balikan
Keterampilan ini para pendidik harus memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menunjukkan keraguan, pamahaman, atau ketidak mengertiannya ketika penjelasan tersebut yang di berikan. Berdasarkan keterampilan balikan tersebut memang sangat di perlukan untuk melakukan penyesuaian dalam penyajiannya.

5. Keterampilan dalam memulai dan mengakhiri pembelajaran
Keterampilan dalam memulai pelajaran yaitu para pendidik harus bisa menciptakan prokondusi bagi para siswa agar mental atau pun perhatian para siswa terpusat atau tertuju kepada apa yang akan para pendidik itu sampaikan. Sedangkan mengakhiri pelajaran yaitu para pendidik harus memberikan suasana yang menyenangkan sehingga apa yang telah di jelaskan tadi bisa di tangkap oleh para siswa tersebut.
Rating: 4.5