Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/24/2013

Fungsi Media Pendidikan

Di dalam dunia pendidikan terdapat komponen media pendidikan. Ada beberapa ahli yang menafsirkan tentang media pendidikan, diantaranya Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1992: 13) mengemukakan bahwa ”Media dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dengan cara dua arah, yaitu sebagai alat bantu mengajar dan sebagai media belajar yang dapat digunakan sendiri oleh siswa.” dan di kutip dari buku Azhar Arsyad (2002: 15) menurut Hamalik menyatakan bahwa “Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat yang baru dan keinginan, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh dari segi psokologis terhadap siswa.”

Dari pendapat-pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran merupakan sebuah alat atau metodik serta teknik yang digunakan sebagai perantara komunikasi antara seorang pendidik dengan anak didiknya dalam rangka untuk lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pendidik dengan anak didik dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Fungsi Media Pendidikan ada banyak sekali, diantaranya :

1. Membantu dan memudahkan belajar siswa dan juga memudahkan pengajaran bagi para guru.

2. Memberikan berbagai pengalaman yang lebih nyata, yang tadinya gambarannya hanya berbentuk abstrak kini menjadi kongkret.

3. Menarik perhatian yang lebih besar kepada para siswa dengan jalan yang tidak membosankan.

4. Dapat mengaktifkan dan membuat semua indra siswa bekerja.

5. Lebih menarik minat dan perhatian kepada murid dalam belajar.

6. Membangkitkan dalam dunia teori dengan realitanya.

Dengan konsepsi yang semakin mantap fungsi media dalam kegiatan belajar mengajar ini tidak lagi di peragakan oleh guru melainkan pembawa informasi atau pesan pembelajaran yang dibutuhkan siswa bisa di dapatkan oleh media tersebut. Hal demikian pusat guru hanya berpusat pada pengembangan dan pengolahan individu dan kegiatan belajar mengajar. Sebagai seorang tenaga pendidik atau guru fungsi dan kemampuan dari media memiliki arti yang sangat penting. Karena media merupakan integral dari sistem pembelajaran sebagai dasar suatu kebijakan dalam pemilihan pengembanan, menyelesaikan masalah maupun dalam pemanfaatan.
Rating: 4.5