Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/11/2013

Fungsi Manajemen Pendidikan


Manajemen adalah sebuah proses dalam perencanaan untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Hasibuan, Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan menurut GR Terry, Manajemen adalah suatu proses yang mempunyai ciri khas yang meliputi segala tindakan-tindakan perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, dan pengendalian yang bertujuan untuk menentukan dan mencapai sasaran-sasaran yang sudah ditentukan melalui pemanfaatan berbagai sumber, diantaranya sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

Banyak sekali pendapat para ahli tentang fungsi manajemen, namun dari fungsi-fungsi manajemen yang dirumuskan oleh para tokoh manajemen tersebut terdapat beberapa persamaan dan perbedaannya. Persamaan dari fungsi manajemen tersebut terlihat pada beberapa fungsi, yaitu: pengorganisasian, perencanaan, dan pengendalian. Sedangkan untuk perbedaannya terletak pada pemilihan kata atau istilah yang digunakan dalam menyebutkan suatu fungsi manajemen. Misalnya adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan pelaksanaan (actuating) bervariasi yaitu: penyusunan kerja, pengkoordinasian, pengarahan, pemberian perintah, perakitan sumber-sumber, penyusunan laporan, inovasi, pelaksanaan, memimpin.

Bahkan Pendapat dari Robbin dan Coulter tentang fungsi manajemen tidak jauh beda dengan apa yang di kemukakan oleh Mahdi Bin Ibrahim yang mengatakan bahwa fungsi dasar manajemen yang paling penting adalah merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan.

Jadi bisa di simpulkan dari beberapa pendapat para ahli tentang fungsi manajemen tersebut adalah perencanaan (planning), penataan staff (staffing), pengorganisasian (organizing), memberikan motivasi (motivating), memimpin (leading), memfasilatasi (fasilitating), memberdayakan staff (empowering), memberikan pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling).

Nah, berkaitan dengan fungsi manajemen pendidikan tersebut adalah :

1. Perencanaan 
Maksud dari perencanaan disini ialah program kerja, termasuk perencanaan dalam anggaran.

2. Pengorganisasian 

Fungsi pengorganisasian ini merupakan fungsi pengisian staf yang disesuaikan untuk setiap tugas atau kedudukannya.

3. Penggerakan 
Fungsi penggerakan ini berada pada semua tingkatan, dan lokasi. Fungsi penggerakan ini meliputi memberikan motivasi, menggerakkan, memimpin, memberikan imbal jasa, mengevaluasi kinerja individu, mengembangkan para manajer dan sebagainya. Fungsi penggerakan terkadang diganti dengan beberapa istilah lain, misalnya fungsi kepemimpinan atau leading.
Rating: 4.5