Seputarpendidikan003.blogspot.com

6/10/2013

Faktor-faktor Pendidikan

Faktor-faktor pendidikan merupakan berbagai unsur yang menunjang kedalam tujuan atau goal yang akan di capai dalam pendidikan. Unsur-unsur tersebut penting fungsinya karena dapat menunjang dalam sebuah tujuan secara berkesinambungan dan sistematik. Setidaknya terdapat beberapa faktor yang menunjang dalam suatu pendidikan.

Berikut kami coba paparkan beberapa faktor yang menunjang dalam sebuah pendidikan sehingga dapat memiliki fungsi sebagai mana mestinya.

- Faktor Pendidik
Merupakan sebuah faktor dalam pendidikan yang memiliki fungsi sebagai pengajar atau pendidik yang akan menuntun atau membimbing suatu murid atau siswa yang di ajar bisa mencapai tujuannya. Kesuksesan pendidikan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor pendidik formal saja, seperti guru, dosen maupun unsur pengajar lainnya yang bertugas di institusi pendidikan formal, tapi faktor pendidik non formal diluar sekolah seperti keluarga juga sangat berpengaruh penting dalam menuntun murid.

- Faktor yang Didik
Faktor ini mencakup siswa atau kalangan yang mendapatkan pengajaran oleh pendidik. Faktor yang didik juga tidak kalah pentingnya dalam menyerap pelajaran dan mencapai tujuan pendidikan karena siswa yang aktif dan rajin dalam kegiatan pembelajaran akan berpengaruh terhadap prosentase keberhasilan pendidikan yang bisa di capai.

- Faktor Materi Pendidikan
Ini merupakan suatu faktor berupa materi yang akan di ajarkan oleh pendidik dan diterima oleh peserta didik. Materi pendidikan diharapakan merupakan suatu materi yang segar dan update selain itu juga harus mudah di cerna dan interaktif. Jadi terdapat timbal balik antara pendidik dan peserta dalam melakukan pelajaran.

- Faktor Metode Pendidikan
Merupakan penunjang dalam menyampaikan materi, metoda pendidikan yang baik adalah yang bisa cepat di serap oleh siswa, mudah dipahami dan memiliki manfaat ilmu yang besar.

- Faktor Lingkungan
Lingkungan juga merupakan suatu faktor penting dalam menunjang keberhasilan sebuah tujuan pendidikan. Unsur lingkungan yang baik akan menunjang sarana dan proses belajar dengan positif sehingga dapat merangsang minat belajar siswa dan materi pelajaran yang diberikan dapat terserap dan diterima dengan baik.

- Faktor tujuan
Faktor tujuan merupakan sebuah target atau goal yang akan di capai, dengan menetapkan suatu tujuan maka kita bisa memiliki tolak ukur keberhasilan dalam menjalankan sebuah pendidikan yang baik.

Beberapa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap proses pendidikan di atas dapat dicadikan acuan dalam mensukseskan tujuan pendidikan.
Rating: 4.5